Selasa, 31 Desember 2013

MANAJEMEN RENTABILITAS (EARNING MANAGEMENT)



1.      Apa yang dimaksud dengan rentabilitas? Mengapa bank, investor, deposan sangat memperhatikan tingkat rentabilitas suatu bank?
Rentabilitas adalah suatu alat untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba dengan membandingkan laba dengan membandingkan laba dengan aktiva atau modal dalam periode tertentu. Rasio rentabilitas mengukur efektifitas bank memperoleh laba, disamaping dapat dijadikan sebagai ukuran kesehatan keuangan, rasio ini sangat penting untuk diamati mengingat keuntungan yang memadai diperlukan untuk memperhatikan arus sumber-sumber modal bank.

2.      Jelaskanlah berbagai rasio yang digunakan untuk menganalisis kinerja suatu bank yang dilihat dari sudut rentabilitasnya! Untuk apa saja masing-masing rasio tersebut?
a)      ROA (Return on Asset)
Rasio yang digunakan untuk menunjukkan perbandingan antara laba (sebelum pajak) dengan total aset bank, rasio ini menunjukkan tingkat efesiensi pengelolaan aset yang dilakukan oleh bank yang bersangkutan.
b)      ROE (Return on Equity)
Rasio yang menunjukkan perbandingan antara laba (setelah pajak) dengan modal (modal inti) bank, digunakan untuk menunjukkan tingkat peresentasi yang dapat dihasilkan.
c)      NIM (Net Interest Margin)
Rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola aktiva produktifnya untuk menghasilkan pendapatan bunga bersih.
d)     BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional)
Digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengendalikan biaya operasional terhadap pendapatan operasional.
e)      Perkembangan laba operasional
Dilihat setiap bulan dengan menghitung pendapatan operasional dikurangi biaya operasional.
f)       Komposisi portofolio aktiva produktif dan diversifikasi pendapatan untuk komposisi portofolio aktiva produktif dapat digunakan indicator seperti komposisi portofolio aktiva produktif dibandingkan dengan komposisi pendapatan operasional aktiva produktif.
g)      Penerapan prinsip akuntasi dalam pengakuan pendapatan dan biaya untuk penetapan system akuntansi dalam pengakuan pendapatan biaya dapat digunakan dua indicator seperti konsistensi pengakuan pendapatan bunga yang berkaitan dengan kualitas aktiva produktif serta metodologi akuntansi untuk pengakuan pendapatan biaya.
h)      Prospek laba operasional
Digunakan indicator hasil stress test proyeksi laba operasional berdasarkan rencana bisnis, analisis dilakukan terhadap hasil stress test atas proyeksi laba operasional rencana bisnis selama 2-3 tahun kedepan secara triwulan.

3.      Rasio mana yang digunakan untuk mengetahui tingkat efesiensi suatu bank pada rasio rentabilitas ini? Jelaskan!
ROA (Return on Asset), karena rasio ini menunjukkan efisiensi pengelolaan aset yang dilakukan oleh bank yang bersangkutan, ROA merupakan indicator kemampuan perbankan untuk memperoleh laba atas sejumlah aset yang dimiliki oleh bank.

4.      Rasio Return on Equity (REO) menjadi perhatian para pemegang saham pendiri maupun pemegang saham baru, mengapa?
ROE (Return on Equity) merupakan rasio untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola modal yang ada untuk menghasilkan pendapatan. ROE adalah rasio rentabilitas yang menunjukkan perbandingan antara laba (setelah pajak) dengan modal yang dimiliki bank, rasio ini menunjukkan tingkat presentase yang dapat dihasilkan.

5.      Apa hubungan Deviden dengan Capital Gain dari suatu saham?
Deviden dan capital gain adalah dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham. Devidan merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilakan. Deviden diberikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dan capital gain merupakan selisih antara harga beli dan jual. Capital gain tersebut dengan adanya aktivitas pedagangan di pasar sekunder.

Tidak ada komentar: