Selasa, 31 Desember 2013

MANAJEMEN LIKUIDITAS (LIQUIDITY MANAGEMENT)



1.      Mengapa likuiditas merupakan faktor yang paling penting bagi bank dan harus diperhatikan setiap harinya?
Karena likuiditas ini digunakan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, misalnya jika ada nasabah yang ingin menarik uangnya maka bank harus bisa memenuhi permintaan tersebut dengan segera, jika hal tersebut tidak dilakukan tentu akan menimbulkan kekecewaan dalam diri nasabah, oleh karena itu bank harus sangat memperhatikan keadaan likuiditasnya.

2.      Apa yang dimaksud dengan likuiditas dan apa bedanya dengan solvabilitas? Berikan penjelasan anda secukupnya!
Likuiditas adalah kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban jangka pendek. Solvabilitas adalah kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjangnya dimana bank tersebut dilikuidasi.

3.      Apa hubungannya reserve requirement dengan biaya dana (cost of funds)?
Yaitu dimana biaya dana merupakan biaya untuk memperoleh simpanan setelah ditambah dengan cadangan wajib yang ditetapkan pemerinta. Biaya dana tergantung dari seberapa besar bunga yang ditetapkan untuk memperolah dana melalui produk simpanan.

4.      Loan to Deposit Ratio (LDR) merupakan rasio yang menggambarkan seberapa jauh kemampuan bank dalam membayar kembali penarikan dana yang diberikan sebagai sumber likuiditasnya. Jelaskan!
Maksudnya adalah bank menggunakan dana dari angsuran yang dibayarkan oleh nasabah untuk membayar penarikan yang dilakukan oleh deposan.

5.      Loan to Asset Ratio digunakan untuk mengukur perbandingan jumlah kredit yang disalurkan dengan total asetnya, jelaskan kegunaan rasio ini!
Untuk memberikan ukuran umum dari posisi keuangan perusahaan termasuk kemampuannya untuk memenuhi persyaratan keuangan untuk pinjaman, penurunan tahun ke tahun dalam metric ini akan menyarankan perusahaan ini semakin menjadi kurang bergantung pada utang untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tidak ada komentar: