Selasa, 31 Desember 2013

LIABILITY MANAGEMENT




1.      Salah satu rasio yang digunakan untuk melihat hutang suatu bank adalah Debt to Equity Ratio. Jelaskan maksud ataupun arti dari rasio ini!
Ratio debt to equity adalah merupakan perbandingan antara barang perusahaan terhadap jumlah modalnya, pada umumnya makin besar angka debt to equity ratio perusahaan maka makin berbahaya secara finansial.

2.      Liability adalah sumber dana bagi bank, ada yang berbiaya ada yang tidak berbiaya, jelaskan apa saja sumber dana yang tidak berbiaya bagi bank!
Sumber dana yang tidak berbiaya bagi bank adalah dana sendiri (equity) dan bantuan likuiditas BI karena kedua sumber dana ini tidak sensitive terhadap tingkat bunga apabila dilihat dari biaya riil, bahkan dana sendiri tidak ada biaya atau tanpa biaya sama sekali walaupun dalam perincian tetunya ada biaya yakni sebesar (opportunity cost nya) sejalan dengan bantuan sendiri, bantuan likuiditas BI tidak sensitive terhadap perubahan tingkat bunga, apa yang telah dijanjikan oleh BI pada waktu menyetujui pertama kalinya bantuan likuiditas.

3.      Bagi bank makin banyak dana yang tidak berbiaya makin murah Cost of Funds nya. Jelaskan maksudnya!
Bagi bank, makin banyak dana yang tidak berbiaya makin murah cost of fund nya, maksudnya adalah cost of fund adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh bank untuk setiap dana yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber. Jadi, apabila bank memperoleh sumber dana yang tidak berbiaya maka bank tidak harus mengeluarkan sejumlah biaya dimana biaya tersebut merupakan harga riil dari sumber dana yang dihimpun bank.

4.      Jelaskan sumber dana jangka panjang yang anda ketahui pada suatu bank yang terdapat dipassivanya!
a)      Hutang hipotik
Hutang yang timbul berkaitan dengan perolehan dana dari pinjaman yang dijaminkan harta tetap.
b)      Hutang obligasi
Hutang yang timbul berkaitan dengan adanya dana yang diperoleh melalui pengeluaran surat-surat obligasi.

5.      Sumber dana yang murah akan membuat suatu bank menetapkan BLR-nya murah. Berikan penjelasan anda!
Sumber dana yang murah akan membuat bank menetapkan BLR-nya karena dengan dana yang murah bank tidak akan memberikan  COF dengan biaya tinggi kepada debitur sehingga akan menyebabkan BLR menjadi murah.

Tidak ada komentar: