Selasa, 31 Desember 2013

ASSET AND LIABILITY MANAGEMENT COMMITTEE (ALCO)


1.      Apa saja yang menjadi tugas ALCO pada suatu bank? Apakah setiap bank memilikinya?
Peranan ALCO adalah menentukan berbagai macam kebijaksanaan di dalam aplikasi atau pengguna dana, mengevaluasi kewajiban bank, dan membuat kebijaksanaan dan memantau posisi modal bank. Setiap bank memiliki ALCO karena untuk menentukan berbagai macam kebijaksanaan di dalam keguanaan dana dan memberikan batasan berapa besarnya kredit yang dapat disalurkan.

2.      Mengapa di bank diterapkan pembatasan kredit terhadap pihak terkait dengan bank dan tidak terkait dengan bank?
Karena untuk mengurangi potensi kegagalan dana bank wajib menerapkan prinsip dengan melakukan penyebaran dan diversifikasi portofolio penyediaan dana kepada pihak terkait dan tidak terkait sebesar presentasi tertentu dari modal bank yang dikenal dengan BMPK (Batas Minimum Pemberian Kredit).

3.      Keputusan pemberian kredit memiliki jenjang otoritas, mengapa hal ini diperlukan?
Keputusan pemberian kredit memiliki jenjang otoritas, hal ini diperlukan karena secara khusus keputusan pemberian kredit otoritas adalah sebagai sebuah system yang mendukung kerja seorang menejer dalam memecahkan masalah semi struktur dengan cara memberikan informasi atau susulan menuju pada keputusan pemberian kredit tertentu.

4.      Mengapa setiap pimpinan di bank harus melalui uji kepantasan dan kelayakan sebelum memangku jabatan?
Setiap pimpinan bank harus memiliki uji kepantasan dan kelayakan sebelum mamangku jabatan, ialah untuk menghindari terjadinya penyimpanan dalam pengelolaan aset bank dan sebaiknya menghindari penyimpanan dalam pengelolaan aset karena adanya persekongkolan yang merugikan bank.

5.      Menurut anda apakah uji kepantasan dan kelayakan (fit and proper test) ini sudah mencapai hasil yang diinginkan? Berikan alasan anda!
Sudah, karena dari hal tersebut dapat dilihat kemajuan bank-bank di Indonesia yang semakin baik, hal ini dikarenakan hasil kerja keras, dedikasi dari pemimpin, dan karyawan suatu bank.

Tidak ada komentar: