Selasa, 31 Desember 2013

MANAJEMEN ASET (ASSET MANAGEMENT)




1.      Apa itu manajemen aset dalam kegiatan usaha perbankan, jelaskan dan gambarkan pada sisi neracanya!
Asset management adalah kegiatan pengalokasian dana kedalam berbagai kemungkinan investasi. Pertimbangan pengelolaan harta adalah keseimbangan antara mencari laba yang optimal dengan tetap memelihara tingkat likuiditas yang sehat.

2.      Mengapa manajemen aset menjadi penting dalam kegiatan usaha perbankan dan apa hubungannya dengan profit bank?
Karena asset yang dimiliki oleh bank salah satunya aset bersumber dari masyarakat yang terikat oleh waktu. Karena itu bank harus bisa memanfaatkan dana yang terikat oleh waktu pada harta (investasi) yang paling menguntungkan.
Bank harus menanamkan dananya pada investasi yang resikonya minim yang mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi, akan tetapi diharapkan memberikan keuntungan yang optimal. Semakin baik manajemen assetnya maka akan semakin baik dan akan meningkatkan profit bank.

3.      Mengapa bank sentral mengatur likuiditas dan giro wajib minimum bagi semua bank yang beroperasi di Indonesia?
Karena hal ini berhubungan dengan manajemen aset bank yang nantinya akan memberikan keuntungan, perkembangan usaha serta bank yang sehat. Jika tidak ada aturan likuiditas pada bank umum maka bank akan mengalami likuid yang menghambat usaha perbankan atau over liquid yang menyebabkan bank kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan lebih jika dana di bank tidak digunakan.

4.      Mengapa primary reserve dikatakan mempunyai dua fungsi yaitu sebagai aset yang melindungi (protective asset) dan aset yang menghasilkan (earning asset). Jelaskan!
Karena secondary reserve merupakan prioritas kedua yang dapat memenuhi kebutuhan non cash yang likuid dan fungsi utama secondary reserve adalah sebagai penyanggah (protective) atau menutupi kekurangan cadangan primer (bila perlu).

5.      Dalam menggunakan dana aktiva tetap dan inventaris menduduki skala prioritas terakhir, jelaskan!
Karena pengalokasiannya tidak ada unsur likuiditas maupun sangat penting, fungsinya adalah untuk menunjang kelancaran operasional bank seperti membeli tanah, gedung, dll.

Tidak ada komentar: