Minggu, 30 Juni 2013

FREIGHT FORWARDING


SOAL DAN JAWABAN


1. Dikatakan bahwa freight forwarding lebih luas dari EMKL dan EMKU. Berikan alasan!

Freight forwarding dikatakan lebih luas dari EMKL dan EMKU karena tugas dari freight forwarding ini meliputi dari pengumpulan muatan menyelenggarakan pengepakan sampai membukukan muatan aneka wahana yang diperdagangkan. Sedangakan tugas dari EMKL dan EMKU hanya meliputi pengurusan dokumen-dokumen dan pekerjaan yang menyangkut penerimaan penyerahan muatan.

2. Mengapa freight forwarding mempunyai peranan yang penting dalam mendukung kemampuan bersaing eksportir di pasar internasional?

Freight forwarding mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan ekspor bukan hanya sebagai arsitek di dalam pengangkutan barang saja, tetapi dapat diperluas dengan beberapa peranan freight forwarding dalam usaha dalam meningkatkan ekspor. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa kegiatan dari freight forwarding , antara lain:
v Freight forwarding bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang yang terjadi selama atau sepanjang waktu barang tersebut diantarkan.
v Freight forwarding harus memegang tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan.
v Kewajiban untuk menyelesaikan atau kerusakan tersebut terletak pada tangan satu pihak, yaitu pada freight forwarder.
Disamping beberapa peranan diatas freight forwarder berperan juga sebagai:
v Membantu mempromosikan komoditi ekspor (Indonesia) diluar negeri.
v Membantu pemerintah dalam upaya menyederhanakan prosedur dan dokumen pengiriman barang, mengingat semua negara maju yang menjadi tujuan ekspor mempergunakan fasilitas perdagangan internasional.
v Membantu pemerintah dalam mengembangkan armada niaga nasional dengan ilmu dari kegiatan freight forwarding diatas kita dapat melihat bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut dapat mendorong dan mendukung kemampuan bersaing eksportir.

3. Apa akibatnya apabila perusahaan freight forwarding tidak memahami peraturan nasional dalam bidang transportasi?

Akibat bila perusahaan freight forwarding tidak memahami peraturan nasional dan internasional dalam bidang internasional adalah akan menimbulkan kerugian bila terjadi sengketa dengan freight forwarding internasional bila terjadi kerusakan atau kehilangan barang-barang yang dikirimkan.

4. Jelaskan ruang lingkup usaha UMKL!

EMKL adalah suatu usaha pengangkutan barang penumpang dan supply kebutuhan kapal laut yang melalui jalur laut (pelayaran). EMKL merupakan perusahaan yang melakukan usaha untuk pengurusan dokumen-dokumen dan pekerjaan yang menyangkut penerimaan penyerahan muatan yang diangkut melalui udara untuk diserahkan kepada atau diterima dari perusahaan pelayaran untuk kepentingan pemilik barang.

5. Apa saja yang menjadi hambatan-hambatan yang di hadapi tranportasi kapal laut?
o Peraturan
Lambatnya pelayaran yang terjadi diperusahaan pelayaran dalam pengambilan D/O, sehingga sering terjadi penundaan yang akan menyebabkan penyerahan barang kepada penerima akan terlambat.
o Pengurusan dokumen
Dokumen yang tidak jelas menerangkan kondisi barangnya, sehingga petugas bea dan cukai tidak yakin atau curiga akan kebenaran kondisi barang sehingga akan dilakukan pemeriksaan terhadap barang.
o Transportasi
Tariff angkotan lokal yang cukup mahal.
o Keterbatasan peralatan bongkar muat di container yard
Bila terjadi pengambilan container oleh trailer secara bersamaan mengakibatkan antrian yang cukup panjang.

6. Jelaskan ruang lingkup usaha EMKU!

EMKU merupakan perusahaan angkutan barang umum yang berusaha untuk menjual jasa kepada pemilik barang agar barang tersebut selamat sampai tujuan. EMKU menggunakan jasa transportasi udara dalam pengiriman barang-barang tersebut. EMKU melakukan beberapa kegiatan seperti transportasi, penggudangan, pengepakan, penomoran, dan sebagainya. EMKU melakukan pengurusan dokumen-dokumen dan pekerjaan-pekerjaan yang menyangkut penerimaan dan atau penyerahan muatan yang di angkut melalui udara untuk diserahkan kepada atau diterima dari perusahaan penerbangan.

7. Apakah ada hubungan kelancaran transportasi darat di dalam negeri berpengaruh terhadap daya saing perusahaan atau eksportir dipasar internasional? Berikan penjelasan bila perlu dengan contoh kasus!

Ada, karena harga akan menjadi tinggi jika banyak terjadi kendala atau hambatan dalam kelancaran transportasi darat. Seperti penurunan kondisi prasarana jalan akibat kelebihan muatan, pungutan liyar dijalan raya, kondisi kereta api yang tidak terawat, biaya-biaya transportasi yang tinggi akibat kendala-kendala tersebut dapat meningkatkan biaya produksi sehingga meminimalkan daya saing produk nasional di pasar internasional. Oleh karena itu diperlukan bantuan pemerintahan untuk merehabilitasi infrastruktur yang ada.

8. Apakah pernah digunakan 3 modal transportasi sekaligus dalam transaksi ekspor?

Pernah ada kalanya barang yang dikirim dari satu tempat ke tampat yang lain mempergunakan alat angkut yang berbeda-beda, misalnya pertama-tama menggunakan kapal laut, kemudian kereta api dilanjutkan dengan truk (roo on – rool up). Hal ini biasanya terjadi pada pengiriman barang ke Eropa.

9. Coba jelaskan landasan hukum pengangkutan laut di Indonesia!

Landasan hukum pengangkutan laut di Indonesia menurut pasal I PP No. 2 tahun 1969 yang dimaksud dengan per-veem-an adalah “usaha yang ditujukan kepada penumpang dan penumpukan barang-barang yang dilakukan dengan mengusahakan gudang-gudang, lapangan-lapangan, dimana dikerjakan dan disiapkan untuk diserahkan kepada perusahaan pelayaran untuk dikapalkan, yang meliputi antara lain kegiatan ekspedisi muatan, pengepakan, pengepakan kembali, sortas, penyimpanan, pengukuhan, penandaan dll. Pekerjaan yang bersifat teknis, ekonomis yang diperlukan perdagangan dalam pelayaran.

10. Mengapa container digunakan dalam pengiriman barang? jelaskan!

Karena dengan menggunakan container keamanan, keselamatan, dan kelancaran pengangkutan barang lebih terjamin, selain itu, muat barang pada container lebih besar atau luas dibanding dengan alat transportasi darat yang lainnya.

Tidak ada komentar: